Senin, 30 April 2012

Tiga Madrasah


TIGA MADRASAH


Para masekh (mayaikh) sering managatakan pentingnya tiga jenis madrasah di tengah-tengan umat. Ketiga madrasah itu adalah: tahfidz, alim dan dakwah.

Pertama, madrasah tahfidz. Fungsinya adalah untuk menjaga keaslian Qur’an. Dengan para hufaadz inilah otentisitas Qur’an terjaga secara isnad yang sampai hingga ke Rasululullah SAW.

Kedua, madrasah alim. Fungsinya untuk menjaga kelestarian ilmu-ilmu keislaman sebagai mana tercantum dalam Qur’an, Sunnah dan atsar sahabat. Titik tekan hafidz pada lafadz Qur’an. Sedang alim pada isi ilmu agama Islam.

Madrasah dakwah. Ini fungsinya sangat penting, yaitu menjaga amal agama supaya mudah dikerjakan. Adapun hukumnya sebagai berikut. Mendirikan madrasah tahfidz, hukumnya adalah fardhu kifayah. Jadi kalau di suatu kampung tidak ada seorang pun yang hafidz Qur’an, maka seluruhnya berdosa. Madrasag alaa alim pun demikian juga, hukumnya fardhu kifayah. Sedang mendirikan madrasah dakwah adalah wajib ain. Artinya wajib bagi setiap muslim yang mukalaf. Jika tidak, dosanya dipikul oleh masing-masing manusia. Namun ada yang mengatakan, kalau niatnya untuk memperbaiki orang lain, hukumnya kifayah. Sedang jia tujuannaya meperbaiki diri sendiri menjadi wajib ain. Madrasah  dakwah itu adalah keluar di jalan Allah, khuruj di sabilillah selama waktu tertentu. Hanya dengan cara inilah agama akan mudah dikerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar