Selasa, 24 April 2012


Kisah Tiga Sahabat Nabi


Dulu ada tiga ahabat Nabi yang diutus untuk berdakwah ke Cina. Sesampainya di Cina, mereka bermusyawarah untuk merumuskan strategi dakwah. Kesepakatan pun dicapai, yaitu dengan cara melakukan perdagangan.

Mereka bertiga berdagang beras. Beras para sahabat bersih tidak berpasir dan dijual dengan harga murah. Maka otomatis, masyarakat Cina memburu beras para sahabat. Situasi ini mengakibatkan dagangan beras orang Cina menjadi bangkrut. Apa sebab? Karena beras orang Cina biasanya suka dicampur dengan pasir dan dijual dengan harta tinggi. DEngan alas an ijnlah masyarakat Cina lebih menyukai dagnagn sahabat meski mereka orang asing.

Para pedagang Cina pin melakukan demonstrasi kepada sang raja. Pedagang Arab itu dituduh telah berbuat curang dan ngabeubuet (menjatuhkan)  harga. Sehingga mengakibatkan dagangan bangsa Cina menjadi hancur. Mereka mengusulkan kepda raja, agar pedagang asing itu diusir dari Cina. Usulan itu pun diterima oleh raja.

Keesokan harinya, tiga pedagang muslim itu tidak berdagang. Maka para pembeli mencarinya, dan menanyakan mengapa mereka berhenti berdagang. Setelah ada penjelasan dari ketiga sahabat itu, akhirnya mereka tahu bahwa hal ini sebagai ulah dari para pedagang Cina.

Setelah tahu semuanya, kini giliran konsumen yang melakukkan demo kepda sang raja. Mereka menuntut agar sang raja memperbolehkan, ketiga pedagang Arab tadi untuk dagang beras kembali. Maka dengan sebab kejujuran para sahabat dalam berdagang, berbondong-bondong bagsa Cina memeluk Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar