Rabu, 14 September 2011

Enam Sifat Sahabat

Bismillaahirrahmanirrahim. Allah SWT telah meletakkan kejayaan dan kebahagiaan manusia dalam amal agama, sebagaimana yang dicontohkan oleh Baginda Muhammad SAW. Umat hari ini belum ada kemampuan mengamalkan agama karena lemahnya iman. Sedangkan para sahabat dahulu telah mampu mengamalkan agama karena mereka memiliki enam sifat. Umat hari inipun jika memiliki enam sifat sahabat akan mampu mengamalkan agama secara sempurna. Sifat yang pertama adalah yakin akan kalimah thoyyibah: laa ilaaha illah muhammadurrasulullah. Kedua, sholat khusyu wal khudhu. Ketiga, ilmu ma'a dzikir. Keempat, Ikramul Muslimin. Kelima, Ikhlas. Keenam da'wah wa tabligh khuruj fi sabilillah.
1. Yakin akan kalimat toyyibah lailahaillahlah.Artinya:tiada tuhan selain Allah.Maksudnya:mengeluarkan kebesaran makhluk didalam hati dan memasukan kebesaran Allah ke dalam hati.Keuntunganya: a.barang siapa akhir hayatnya mengucapakan kalimat lailahaillallah dijamin masuk syurga. b. barang siapa bersaksi tiada tuhan selain Allah, sedang hatinya membenarkan apa yang diucapkan oleh lisanya akan masuk syurga dari pintu manapun yang ia kehendaki. c. sekecil-kecilnya iman Allah akan balas dengan syurga yang luasanya 10 kali lipat dunia.Cara mendapatkan iman:a. Dakwahkan pentingnya iman. b. Latihan dengan cara membuat halaqah iman. c. Berdo'a kepada Allah agar di beri hakikat iman.
2. Muhammadurrasulullah. Artinya: Bahwa baginda Muhammad SAW adalah utusan Allah. Makksudnya: Meyakini bahwa hanya ada satu jalan menuju kejayaan dan kesuksesan manusia, yakni dengan jalan mengikuti Sunnah Rasulullah SAW. Keuntungannya: a. Barang siapa menghidupkan sunnahku maka ia cinta kepadaku. Dan barangsipa cinta kepadaku akan masuk surga bersamaku. b.  Barangsiapa berpegang teguh pada sunahku ketika umat sudah ruksak maka pahalanya 100 kali mati syahid. c. Barang siapa bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad Rasulullah maka tak akan tersentuh api neraka.
Cara mendapatkannya: a. Dakwahkan pentingnya sunnah; b. Latihan dengan cara menghidupkan sunnah 24 jam dalam kehidupan sehari-hari. c. Berdoa kepada Allah agar diberi kekuatan untuk bisa meCah Rasulullah SAW.
3. Sholat Khusyu Wal Khudhu. artinya: Hubungan dengan Allah disertai konsentarsi batin. Maksudnya: Membawa sifat ketaatan di dalam sholat ke luar sholat dalam kehidupan sehari-hari. Keuntungannya: a. Sesungguhnya sholat mencegah dari perbuatan keji dan munkar; b. Carilah pertolongan Allah melalui sabar dan sholat; c.Sholat adalah mi'rajnya orang-orang beriman. Cara mendapatkannya: a. Dakwahkan pentingnya sholat; b. Latihan dengan cara memperbaiki zahir sholat, mulai dari istinja, berwudhu, gerakan sholat dan bacaan shalat; c. Belajar menyelesaikan masalah dengan shalat; d. Berdo'a kepada Allah agar diberi hakikat shalat khusyu wal khudhu.
4. Ilmu Ma'a Dzikir. Artinya: Ilmu adalah segala sesuatu yang berasal dari Allah melalui Rasulullah. Maksudnya: Mengamalkan agama sesuai suasana dan keadaan. Dzikir artinya: mengingat Allah sebagaimana agungnya Allah. Keuntungan ilmu ma'a dzkir: a. Barngsiapa yang Allah kehendaki menjadi baik, Allah pahamkan kepada agama; b. Barangsiapa yang memudahkan langkah kakinya ke majlis ilmu maka Allah mudahkan langkanya menuju surga; c. Barangsipa mempelajari satu ayat, lebih baik daripada sholat 100 rakaat. Barangsiapa mempelajari dari satu bab ilmu, lebih baik dari solat 1000 raka'at.
Cara mendapatkan ilmu. Ilmu terbagi dua: masail dan fadha'il. Cara mendapatkan ilmu masa'il: a. Dakwahkan pentinya ilmu masa'il; b. Duduk di majlis-majlis masa'il; c. bertanya kepada ulama mengenai urusan agama dunia dan akhirat. Cara mendapatkan ilmu fadha'il: a. Dakwahkan pentinya ilmu fadha'il; b. Duduk di majlis-majlis fadha'il; c. Menghadirkan fadilah dalam setiap amalan; d. Berdo'a kepada Allah agar diberi hakikat ilmu fadha'il.
Keuntungan dzikir: a. Ingat hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang; b. Ingatlah epadaku, Aku akan ingat kepadamu; c. Permusalan orang yang berdzikir dan orang yang tidak berdziki seoerti orang yang hidup dan yang mati.
Cara mendapatkannya: a. Dakawahkan pentingnya dzikir; b. Latihan dengan cara membaca tasbihat pagi petang, 100; Istigfar, 100' sholawat, 100, membaca qur'an minimal 1juz; membaca do'a-do'a masnunah; c. Dan berdo'a kepada Allah agar diberi hakikat dzikir.
5. Ikramul Muslimin. Artinya: Memulyakan saudara-saudara muslim. Maksudnya: Menunaikan hak-hak kaum muslimin tanpa minta ditunaikan haknya kembali. Keuntungannya: a. Allah akan menolong hambanya selama hamba itu menolong sauaranya; b. Barangsipa menutup aib kaum muslimin, Allah akan tutup aibnya pada hari kiamat. Dan barangsipa membuka aib kau muslimin, Allah akan bukakan aibnya hingga dirumahnya sendiri;c. Senyummu keada seorang muslim adalah sodakoh.
Cara mendapatkannya: a. Da'wahkan pentingnya ikromul muslimin; b. Latihan dengan cara memulikan ulama, menghormati orang tua, menghargai sesama, dan menyayangi orang-orang muda; c. sebarkan salam kepada orang yamg dikenal dan tidak dikenal; d. Berdo'a kepada Allah agar diberi hakikat ikramul muslimin.
6. Ikhlas. Atinya beramal karena Allah. Maksudnya adalah beramal semata-mata untuk mendapat ridha Allah. Keuntungannya: a. Allah haya akan menerima amalan yang ihlas; b." Wahai Mu'ad, ihlaslahdalam beramal. Karena amalan yang ihlas walau sedikit mencukupi; c. Sesunggunya Allah tidak melihat rupa dan amalmu. M elainkan melihat hati dan amalmu.
Cara mendapatkannya: a.Dakwahkanpentingnya ihlas; b. Latihan dengan cara memeriksa niat di awal beramal, di tengah dan di akhir. c. Berdo'a kepada Allah agar diberi hakikat ihlas.
7. Da'wah Wa Tablig Khuruj Fi Sabilillah. Artiya: Da'wah: mengajak. Tabligh: menyampaikan. Maksudnya: a.  Memperbaiki diri dengan mengorbankan diri dan harta.  b. Menghidupkan agama di tengah-tengah umat. Cara mendapatkannya: a. Da'wahkan pentingya dakwah wa tablig khuruj fi sabilillah; b. Latihan dengan cara keluar di jalan Allah seperti para sahabat, 4 bulan seumur hidup, 40 hari setiap tahun, 3 hari setiap bulan dan 2 jam setengah setiap hari. c. Berdo'a kepada Allah agar diberi hakikat da'wah wa tabligh khuruj fi sabilillah.
















3 komentar:

  1. sangat bagus untuk dipelajari dan diamalkan. Mohon dilanjutkan.

    BalasHapus
  2. Ciri khas dari Enam Sifat adalah sederhana, mudah dipahami, namun mendalam. Enam sifat tidak hanya teori namun juga dilengkapi dengan metode untuk memperolehnya. Jadi tidak ada gap antara teori dan praksis.

    BalasHapus
  3. dengan melaksanakan 6 sifat sahabat maka akan memperoleh kebahagiaan hidup yang sesungguhnya

    BalasHapus